Rabu, 04 Desember 2013

Tips : membuat ambalan versi melayang

Tulisan ini sebetulnya berkaitan dengan desain, sehubungan desainnya gak pure buatan saya sendiri, jadinya saya harus jujur, jelas ini bukan ide saya...

konsep ini muncul setelah lama berkutat dengan  kondisi rumah dan furniturnya yang itu-itu saja, perlu ada yang fresh biar tetap enak dipandang mata, dan gak bikin bete yang liat....

Jujur sebenarnya tertarik sama ambalan dinding setelah banyak googling kesana kemari..., yang ini cantik yang itu asyik ..... jadi bingung pilih yang mana.....

sebetulnya gak usah bingung, semuanya sesuaikan saja dengan keadaan rumah kita, berikut kondisi warna perangkat furnitur lainnya, tak lain dan tak bukan ini berhubungan dengan kecocokan kalo barang baru itu ada....(mecing coy)...


Yup untuk pengerjaan ambalan dinding sebetulnya cukup mudah, yang perlu kita siapkan adalah besi sebagai rangka penopang papan ambalan, dalam konteks pembuatan ambalan di rumah saya, rangka penopang yang dalam gambar dibawah itu 3, dalam pengerjaanya hanya menggunakan 2 saja, hal ini saya pikir cukup, mungkin kalo papannya lebih dari 1 meter barulah 3 rangka penopang, ....

rangka penopang versi asli
Rangka besinya saya pesan di sebuah bengkel las dekat kebun teh di Jalancagak Subang, pengerjaannyapun tidak lama, saya tinggal kasih ukuran dan gambar yang saya kehendaki, rangka yang saya inginkan tidak lama akhirnyapun jadi ini saya tebus dengan harga Rp. 50.000 2 buah..., ukurannya panjang 60 cm, lebar besi penopang 20 cm. 

Kemudian untuk papannya, saya pesan ke langganan saya, dengan pengerjaan  yang cukup cepat juga, pesan  sore, besok paginya udah bisa diambil. finishingnya bahan rangka kayu, dengan permukaan multiplex, ukurannya panjang 1 meter kurang (96 cm) lebar 25 cm..di pernis warna kayu, pokoknya rapih pisan....

Rangka bes dengan 2 besi penopang yang disertai lubang untuk lubang paku fiser
Pemasangan dimulai dari pengukuran untuk titik pengeboran untuk lubang fiser, jika lubangnya pas maka dapat dipastikan pasang besi  ke dinding jadi lebih  mudah karena lubangnya presisi.
Sempat ada kesalahan dalam pengukuran titik bor, jadinya gak bisa di sekrup...

rangka besi ambalan setelah di pasang di tembok, 
tapi kalo sudah terpasang..  kuat kok buat nahan beban papan,...


selanjutnya tingal memasukan papan kedalam besinya, (di papan ada rongga  seukuran besi penopang)..


nah inilah aplikasi setelah jadi... mantapkan..?? lumayanlah sedikit ada perubahan di rumah....


Ini dia sekrup dan fiser yang dipake, pokoknya habislah Rp. 5.000..


Ini dia hasilnya.....

Oke kita jumlblah jambleh weh..
  1. Pesan besi penopang papan 2 buah   Rp.  50.000
  2. Pesan papan ambalan 2 buah           Rp. 150.000
  3. sekrup dan fiser                             Rp.    5.000
jadi total sekitar 205.000 sepasang atau 102.500 sebijinya...., 
gimana ada yang tertarik buat jadi bidang usaha gak...?
Posted By: Zulf

Tips : membuat ambalan versi melayang

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

2 komentar:

  1. Untuk lubang di ambalan apakah sdh dibuatkan sm tukang kayu langganannya atau bikin lubang sdr? Mengingat lubangnya ga bulat tapi pipih spt penampang besinya. Gimana cara bikin lubangnya?

    BalasHapus

Mari berkomentar, yang kurang sopan (maaf) akan segera saya hapus...

List Lagu Pilihan

Soundcloud tampil baik dengan Chrome (gak muncul? ganti browsernya)

Hubungi Saya

Online tidak setiap saat, Text aja 081220350360


© JangSeu..! All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates